Kapankah Virus Corona Akan Berakhir?

  • Whatsapp

Pertanyaan itu kini menjadi pertanyaan penting dari  semua orang dan sekaligus menjadi harapan besar akan bisa kembalinya pada situasi dan keadaan normal seperti sebelum terjadi corona.

Hari – hari ini kita semua termasuk penduduk dunia berada pada situasi dan keadaan tidak normal.

Kembali kepada pertanyaan di awal tadi kapankah virus corona akan berakhir?

Sampai detik ini tidak ada yang bisa menjawabnya dengan pasti termasuk para pakar, ilmuwan dan para ahli di bidang medispun, karena virus ini benar-benar virus jenis baru sehingga semua perlu waktu untuk menemukan penawar atau obatnya.

Mungkin jawaban  untuk pertanyaan tadi yang paling tepat adalah “ketidakpastian” itu sendiri.

“Ketidakpastian” ini akan berakhir dengan “kepastian” jika dunia medis sudah berhasil menemukan penawar atau obatnya!

Untuk menemukan penawar atau obat covid-19 ini perlu proses dan waktu yang tidak sebentar, ada pakar ahli yang bilang mungkin perlu sekitar 6 bulan,1 tahun bahkan lebih atau sebaliknya bisa lebih cepat dari itu namun semua itu masih asumsi dan prediksi karena pada faktanya virus berjenis baru ini masih harus terus diteliti dan dipelajari lebih lanjut oleh para ahli medis di dunia.

Lalu apa yang harus kita lakukan dalam situasi seperti ini?

Yang pertama tetap ikuti informasi terkait wabah ini dan perkembangannya serta kabar terkini dari sumber-sumber terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Mengabaikan informasi penting disaat kondisi pandemi justru akan membuat anda kehilangan momentum karena situasi saat ini kita perlu informasi dan data yang akurat sehingga setiap dari kita bisa mempersiapkan diri dari berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Sebagai contoh yang tak boleh kita tiru adalah apa yang pernah terjadi pada  beberapa orang pejabat di negeri ini yang sempat membuat guyonan dan olok – olok tentang corona karena mereka mengabaikan informasi penting saat awal merebaknya virus ini, jika para pejabat ini mendapatkan informasi awal yang lengkap mungkin tidak akan seperti itu. Dan lebih miris lagi sejak di sinyalir virus ini sudah masuk Indonesia sekitar Januari  lalu, ada seorang menteri yang seharusnya paling bertanggung jawab dalam urusan medis justru abai dan seolah menyepelekan virus ini bahkan dia sempat mengatakan heran “kok virus corona ini bisa jadi heboh begini”.

Jika perlu pembanding kita bisa melihat kesiapan Vietnam, karena kesigapan menteri kesehatan dan pemerintah disana sejak awal begitu virus itu menyerang Vietnam, mereka sudah siap dan menghadapinya dengan cara yang tepat sehinnga disana zero atau nol kematian dari serangan virus ini, dengan kata lain ada bukti nyata bahwa dengan kesiapan dan persiapan yang terukur  berbekal informasi awal yang penting,  ada negara yang bisa melewati masa pandemi dengan tidak ada korban jiwa yang tewas atau gugur akibat serangan covid-19, bahkan saat ini Vietnam sudah mulai melonggarkan isolasi  dan penduduknya sudah mulai bersiap kembali pada kehidupan seperti biasanya walapun belum seluruhnya namun geliat roda kehidupan ekonomi sepertinya sudah  dimulai disana.

Mungkinkah akan ada gelombang kedua virus covid-19 di Vietnam seperti halnya yang baru saja terjadi di Singapura?

Mari kita amati bersama perkembangan nya dan tidak ada salahnya negara kita juga belajar dari pengalaman Vietnam setidaknya negara yang dikenal dengan  Negeri Naga Biru ini telah mampu menekan jatuh nya korban jiwa saat serangan covid-19.

Esensinya bukankah seharusnya pada setiap pertempuran itu yang utama selain menyerang dan bertahan adalah menekan atau meminimalisir jatuhnya korban jiwa ( kalau melawan virus ini kita asumsikan sedang dalam pertempuran ) dan strategi inilah rupanya yang dilakukan Vietnam.

Jadi sekali lagi jangan abaikan informasi penting terkait perkembangan virus ini termasuk betapa pentingnya informasi yang harus dicermati dan di ikuti juga oleh teman-tema para pelaku usaha atau industri, dan tentu juga termasuk  unit terkecil yaitu setiap keluarga.

Khusus untuk para pelaku usaha sekecil apapun jenis usaha anda, informasi perkembangan pandemi sangat diperlukan  karena akan ada korelasinya dengan dunia usaha sehingga setiap dari pelaku usaha bisa membuat berbagai strategi dan kebijakan yang adaptif terhadap keadaan di masa wabah yang masih terjadi dimana –mana.

Yang kedua selalu bersiap terhadap kemungkinan terburuk sehingga kita akan lebih siap jika itu benar-benar terjadi misalnya virus ini belum bisa ditemukan obatnya

Mempersiapkan kemungkinan terburuk memang pahit karena kita semua tidak mengharapkan nya namun setidaknya dengan persiapan sedini mungkin kita bisa lebih survive menghadapi wabah ini.

Jadi mari kita berharap agar obat penawar virus ini segera ditemukan dan disaat yang bersamaan mari kita juga bersiap untuk kemungkinan terburuk jika obat penawar virus ini belum bisa ditemukan dalam waktu dekat.

Jika dunia medis belum bisa menemukan obatnya dan perlu waktu yang lama untuk menelitinya maka suka tidak suka kita dan penduduk dunia harus bisa adaptif dengan virus ini.

Karena jika obat virus ini belum berhasil ditemukan maka otomatis berbagai macam penanggulangan & pengendalian virus seperti lockdown, PSBB, bekerja dari rumah dan belajar dari rumah tidak akan bisa terus dilakukan berlama-lama, karena pada akhirnya kita semua harus kembali dalam kehidupan dan rutinitas seperti biasanya.

Yang dapat dilakukan jika nanti kita harus kembali beraktivitas seperti biasa dan wabah masih ada maka kita mungkin harus mulai terbiasa beraktivitas dengan tetap melakukan protap covid-19, mengatur jaga jarak aman saat beraktivitas, mungkin juga sudah harus mulai memikirkan atau mengestimasi space ruang kantor untuk menyesuaikan jarak aman antar sesama pegawai/karyawan, lalu sering-sering cuci tangan yang bersih dan masker tetap menjadi bagian yang penting dan boleh jadi akan selalu menyertai kita saat beraktivitas di luar rumah, karena baru cara-cara inilah yang sedang diterapkan diberbagai belahan dunia untuk mengurangi atau pencegahan tertular dan atau menularkan covid-19.

Dan jangan lupa mari kita semua senantiasa berdoa, semoga mukjizat dan pertolongan Sang Pencipta akan segera datang di saat tibanya bulan suci Ramadhan bulan yang penuh rahmat, penuh berkah Ramadhan 1441 H.

 

Catatan Redaksi Edisi Akhir Pekan

Ref : Dari berbagai sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *